Kalirejo, 18 April 2025 Dosen Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Universitas Muhammadiyah Metro melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di TPQ Blok M Aisyiyah Kalireo, Kecamatan Kalirejo, Lampung Tengah. Kegiatan ini mengangkat tema "Permainan Tradisional Bakiak dan Hula Hoop sebagai Sarana Mengurangi Kecanduan Gadget pada Anak-anak".

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya penggunaan gadget secara berlebihan di kalangan anak-anak, yang dikhawatirkan berdampak pada kesehatan fisik, sosial, dan emosional mereka. Sebagai alternatif yang menyenangkan dan mendidik, permainan tradisional diperkenalkan kembali sebagai sarana untuk mengajak anak-anak bergerak aktif, berinteraksi langsung dengan teman sebaya, dan membangun semangat kerja sama.

              

Dalam pelaksanaannya, anak-anak TPQ diajak bermain bakiak dan hula hoop secara berkelompok. Suasana berlangsung meriah dan penuh antusiasme. Permainan tidak hanya menjadi sarana hiburan, tetapi juga alat untuk melatih keseimbangan, koordinasi, kerja tim, serta menumbuhkan kebahagiaan yang alami tanpa ketergantungan pada layar.

Dosen PIAUD berperan sebagai fasilitator sekaligus pendamping selama kegiatan berlangsung. Mereka juga memberikan penyuluhan ringan kepada anak-anak dan pendamping TPQ tentang pentingnya pengawasan penggunaan gadget, serta cara-cara kreatif untuk mengisi waktu luang anak secara positif.

Pengabdian ini menjadi bukti nyata bahwa solusi terhadap kecanduan gadget pada anak tidak selalu harus berbasis teknologi. Permainan tradisional yang sederhana pun dapat memberikan dampak yang besar terhadap perkembangan anak jika dikemas dengan pendekatan yang menyenangkan dan edukatif.

Diharapkan, kegiatan ini dapat memberikan inspirasi bagi lembaga pendidikan nonformal seperti TPQ dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih aktif, sehat, dan ramah anak. Program ini juga menjadi bentuk nyata kontribusi dosen PIAUD UM Metro dalam mendukung pendidikan karakter dan kesehatan mental anak di tengah tantangan era digital.